Prosedur Mencetak Buku di Perusahaan Percetakan

Memilliki buku sendiri adalah impian banyak orang, tetapi banyak dari mereka yang tidak tahu bagaimana prosedur mencetak buku di perusahaan percetakan spesialis buku. Ternyata mencetak buku tidak semudah yang kita bayangkan, ada banyak tahapan yang harus kita lalui. Pertama yang harus kita siapkan adalah cover. Dalam menyiapkan cover perusahaan harus memahami tentang standar desain cover, standar ukuran cover, standar kertas cover dan software desain cover.

Kedua, layout isi buku mulai dari font isi buku dan lain sebagainya. Keempat yang harus dilakukan adalah mengurus ISBN yang membutuhkan waktu lama. Kelima membuat barcode ISBN. Keenam membuat punggung buku, selanjutnya menjilid buku dan menghitung biaya cetak buku.

Bagaimana prosedur mencetak buku di perusahaan percetakan sudah dijelaskan di atas, namun ternyata tidak hanya itu saja yang harus diketahui. Ada juga tahapan pembuatan buku yang harus anda ketahui. Di antaranya adalah.

  • Proses desain

Adalah tahapan awal Dalam proses cetak yang harus dilalui. Pada tahap ini kita harus tau ukuran kertas yang akan digunakan. Untuk aplikasi yang sering digunakan untuk mendesain adalah Adobe Photoshop, Adobe page Maker, Adobe In Design, Micromedia Free Hand dan Corel Draw.

  • Main master of printing

Pada tahap kedua ini anda perlu tahu jenis cetakan yang akan digunakan. Apakah full color atau hitam putih. Anda juga bisa membutuhkan 4 Plat sebagai acuan, seperti magenta, black, yellow dan cyan.

  • Printing proses

Penting mengetahui jenis bahan cetak dan ukuran hasil cetak. Jika cukup kesulitan hal ini, kita bisa berkonsultasi dengan jasa printing murah di surabaya yang bisa Anda jumpai di beberapa sudut kota.

  • Finishing

Adapun proses finishing yang harus dilalui adalah jilid, numerator, porporasi, poly, emboss, UV/varnish, glossy, doff, spot UV, steples dan gluing atau lem panas.

Dengan mengetahui bagaimana prosedur mencetak buku di perusahaan percetakan, maka anda bisa mengetahui hal-hal apa saja yang harus dieprsiapkan. Anda bisa mengetahui proses apa saja yang akan dilewati untuk mendapatkan cetakan buku. Dengan melihat tahap dan proses di atas maka kita bisa menyimpulkan bahwa pembuatan buku dibutuhkan proses yang panjang.